ANEKA BUAH DAN MANFAATNYA (KELAPA HIJAU)

Pohon kelapa ini biasanya memiliki tinggi antara 20 - 30 meter.Batang nya tegak,silindris,permukaan kasar,coklat.Daunya majemuk,menyirip,berbentuk seperti pita,memiliki ujung yang runcing dan pangkal yang tumpul.Panjang daunya antara 0,5 - 1 meter,lebar 3 - 4 cm,berpelepah,tangkai silindris,panjang 0,5 - 1 meter,pertulangan sejajar dan berwarna hijau.
Adapun analisa nilai nutrisi daging buah kelapa umur 8 bulan adalah kadar air 90,59%, kalori437 kkal/100 g, minyak 26,67%, protein 10,67%, serat kasar 3,98%, totalkarbohidrat 38,45%, pati 13,53%, gula sebagai glukosa 24,92%.

Sementara komposisi asam amino daging buah kelapa adalah isoleusin 2,5 g/16 g N, leusin 4,9 g/16 gN, lisin 2,7 g/16 g N, metionin 1,5 g/16 g N, threosin 2,3 g/16 g N, tripthopan0,6 g/16 g N dan valin 3,8 g/16 g. Mineral utama yang terdapat pada daging buah kelapa adalah Fe (17 ppm), S (4,4 ppm), Cu (3,2), P (2.4 ppm). Kandungan vitamin pada buah meliputi vitamin C (10 ppm), vitamin B(15 IU), dan vitamin E (2 ppm).

Minyak kelapa sangat mudah dicerna dan diabsorbsi tubuh karena mengandung trigliserida yang tersusun dari lemak rantai sedang (C6-C12). Komposisi asam lemak dalam minyak kelapa adalah C8 5-%, C10 6 – 10% dan C12 44 – 45% (total 55-65% asamlemak rantai sedang). Trigliserida asam lemak rantai sedang dapat digunakan untuk mengatasi hiperlipidemia dan kegemukan serta dapat digunakan dalam ransum untuk pasien pasca bedah dan bayi premature.

Daging buah kelapa juga mengandung 0,2 mg vitamin E (sebagai tokoferol), namun proses produksi minyak secara konvensional yang biasanya mengaplikasikan panas dan tekanan, mengurangi kandungan tokoferol dalam hasil akhir. Kandungan vitamin E optimum dapat diperoleh melalui perbaikan proses, yaitu dengan proses sentrifugasi santan dan produk yang dihasilkan dikenal dengan nama virgin oil. Virgin oil mempunyai aroma kelapa segar. Saat ini Virgin oil yang lebih dikenal dengan VCO (VirginCoconut Oil) diyakini manfaatnya untuk mengatasi penyakit kanker bahkan dianggap lebih ampuh dibandingkan dengan buah merah (Pandanus conoideus).

Air kelapa muda (7 – 8 bulan) mengandung protein 0,13 g, minyak 0,12 g, karbohidrat 4,11g, mineral Ca 20 mg, Fe 0,5 mg, vitamin asam askorbat 2,2 – 3.7 mg dan air95,01/ 100 g.

dengan kandungan seperti diatas,kelapa hijau bermanfaat untuk:
1.Keracunan:
Minum air sebuah kelapa hijau sampai habis.
2.Panas dalam:
Air sebuah kelapa hijau campur dengan sebutir telur ayam mentah. Aduk sampai rata, lalu diminum.

3.Menurunkan panas:
Segelas air kelapa muda, 1 sendok madu, diaduk rata. Diminum 2x sehari, masing-masing satu gelas untuk dewasa, atau 1/2 gelas untuk anak di bawah lima tahun.
4.Kencing batu:
Cara I: Sebuah kelapa hijau dikupas sampai mendekati batoknya, lubangi atasnya sebesar 5 – 6 cm, bakar di atas api sampai mendidih. Setelah dingin baru diminum sekaligus. Lakukan 1x sehari.
Cara II: Lubangi sebuah kelapa hijau, masukkan sebutir telur ayam, kocok supaya rata, minum langsung dari lubang kelapa itu.
5.Kolera:
Sebuah kelapa hijau, dipotong bagian atas dan bawahnya. Lubangi atasnya. Panaskan di atas api hingga airnya mendidih selama 10 menit. Setelah dingin diminum airnya 2x sehari.
6.Rambut rontok:
Sebuah kelapa hijau muda, potong bagian bawah dan atasnya. Atasnya beri lubang. Beri garam sedikit. Embunkan di luar rumah semalaman. Gunakan airnya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan sore hari sesudah mandi.
7.Demam karena gigitan serangga:
Minum air kelapa hijau sebanyak-banyaknya.
8.Nyeri menjelang haid:
Air kelapa dicampur dengan gula kelapa. Minum 2x sehari selama 3 hari berturut-turut menjelang haid.
9.Alergi (karena cuaca):
Air sebuah kelapa hijau diaduk dengan 1/4 gelas madu murni. Minum selama 3 hari berturut-turut.
Sukar tidur:
5 potong akar pohon kelapa hijau (@ 4 cm), dicuci, dipotong-potong. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, minum setengah cairan itu sebelum tidur.
10.Cacing kremi:
1/4 kelapa hijau dan 1 wortel diparut, campur kedua bahan ini dengan segelas air, peras, dan saring. Sebaiknya diminum malam hari sebelum tidur.
11.Mencegah uban:
Sebuah kelapa hijau diparut, peras santannya. Beri garam biarkan semalam. Pakai untuk keramas.

0 komentar:

Posting Komentar